3 Amalan di Bulan Syawal

Dibuat oleh : Administrator
Selasa, 23 April 2024
14 Syawwal 1445 H

Kedatangan bulan Syawal menjadi momen kemenangan yang membahagiakan bagi umat Islam.

Dimana pada hari pertama bulan Syawal, umat Islam di seluruh dunia bersama-sama mengumandangankan takbir, merayakan hari kemenangan setelah mengendalikan hawa nafsu selama satu bulan penuh dengan ibadah puasa.

Walau Ramadhan telah berlalu dan digantikan bulan Syawal, tetap pertahankan ibadah dengan keteguhan seperti yang dilakukan selama bulan Ramadhan.

Di Bulan Syawal ini pula banyak sekali amalan-amalan yang membuat kita menambah pahala setelah Ramadhan, seperti amalan-amalan sunnah yang sejatinya menjadi penyempurna ibadah wajib yang kita lakukan.

Dalam hadits disebutkan,

أَنَّ صِيَامَ شَوَّالٍ وَشَعْبَانَ كَصَلَاةِ السُّنَنِ الرَّوَاتِبِ قَبْلَ الصَّلَاةِ الْمَفْرُوْضَةِ وَبَعْدَهَا فَيُكْمِلُ بِذلِكَ مَا حَصَلَ فِي الْفَرْضِ مِنْ خَلَلٍ وَنَقْصٍ فَإِنَّ الْفَرَائِضَ تُجْبَرُ أَوْ تُكْمَلُ بِالنَّوَافِلِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

“Puasa sunnah Syawal dan Sya’ban itu seperti shalat sunnah rawatib sebelum dan sesudah shalat wajib. Kekurangan-kekurangan pada shalat fardhu akan disempurnakan dengan shalat-shalat sunnah itu. Karena sesungguhnya pada hari kiamat, amalan-amalan yang wajib akan disempurnakan dengan amalan-amalan yang sunnah.” (Lathaiful Ma’arif: 220)

Di bulan Syawal banyak amalan sunnah yang bisa kita teruskan, seperti silaturahim, puasa 6 hari, dan sedekah.

Di Bulan Syawal ini jangan sampai Ibadah yang sudah kita lakukan saat Ramadhan terabaikan, maka pertahankan Ibadah-Ibadah yang sudah di lakukan saat Ramadhan, bukan sekedar saat di bulan Syawal saja, tetapi di bulan-bukan seterusnya

Amalan sunnah apa nih yang di bulan Ramadan rutin Sahabat lakukan?

HOME