Peristiwa-Peristiwa Penting di Bulan Ramadan

Heyy Guys Kalian Tau Ga?

Bulan Ramadan merupakan bulan yang sangat istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia.

Di bulan suci ini, umat Islam berpuasa dari fajar hingga maghrib, memperbanyak ibadah dan amalan baik, serta berusaha untuk memperbaiki diri dan meningkatkan ketaqwaan.

Selain itu, bulan Ramadan juga memiliki sejumlah peristiwa penting yang sangat bersejarah bagi umat Muslim dan juga Negara Kita Tercinta loh Indonesia✊🏼

Berikut adalah beberapa peristiwa penting di Bulan Ramadan diantaranya:

1. Nuzulul Qur’an

Nuzulul Qur’an adalah peristiwa pertama kali Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 17 Ramadan di Gua Hira’.

Saat itu, Nabi sedang menyepi di Gua Hira’, datang Malaikat Jibril menghampiri dan memintanya membaca Al-Qur’an. Nabi menjawab dirinya tidak bisa membaca.

Akhirnya, Jibril mengajarkan Nabi membaca dengan surah Al-Alaq ayat 1-5 sebagai surat pertama dalam Al-Quran.

2. Perang Badar

Perang Badar merupakan perang pertama yang dilakukan oleh umat Muslim. Perang ini dikenal sebagai Ghazwah Badr al-Kubra, yakni perang yang menandai awal kejayaan kaum muslim.

Perang Badar terjadi pada Jumat 17 Ramadan tahun 2 Hijriyah, tepatnya 13 Maret 624 Masehi.

Dalam perang ini, jumlah pasukan muslim sangat tidak sebanding dengan musuh. Rasulullah membawa pasukan sebanyak 313, sedangkan kaum kafir Quraisy berjumlah 950 pasukan.

Namun, dengan izin Allah, tentara muslim berhasil mengalahkan pasukan kafir Quraisy.

3. Fathu Makkah

Peristiwa selanjutnya adalah Fathu Makkah atau pembebasan kota Makkah yang terjadi pada 10 Ramadan tahun 8 Hijriyah.

Peristiwa ini juga merupakan titik balik umat Islam pulang ke Ka’bah dan Makkah, tempat di mana Nabi Muhammad dilahirkan dan Islam bermula.

Untuk merebut kembali kota Makkah, Nabi mengerahkan 10.000 pasukan. Nabi menginginkan misi merebut kota Makkah dilakukan dengan penuh kedamaian.

Misi itu pun berhasil. Makkah berhasil direbut oleh umat Islam tanpa ada pertumpahan darah.

4. Wafatnya orang-orang terdekat Nabi

Bulan Ramadan juga merupakan bulan kepergian orang-orang terdekat Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam

Siti Khadijah, istri Nabi, wafat pada bulan Ramadan, tepatnya pada 11 Ramadan. Sedangkan Siti Aisyah wafat pada 17 Ramadan.

Putri Nabi, Fatimah Az-Zahra, wafat pada 3 Ramadan. Sahabat Ali bin Abi Thalib wafat pada 21 Ramadan.

5. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Proklamasi Kemerdekaan RI juga terjadi pada bulan Ramadhan. Proklamasi kemerdekaan Indonesia itu terjadi pada 17 Agustus 1945 atau bertepatan dengan hari Jumat, pukul 10.00 Wib, pada 9 Ramadhan 1364 Hijriah.

Dikutip dari buku Api Sejarah 2 tulisan Prof Ahmad Mansur Naskah teks proklamasi yang dituliskan oleh Bung Karno dengan beberapa perbaikan kalimat atas usulan beberapa orang lainnya, termasuk Ahmad Subardjo, itu diketik oleh Sajoeti Melik, serta ditandatangani Bung Karno dan Bung Hatta dilakukan pada saat waktu makan sahur shaum Ramadhan 1364

Hatta menuturkan makan sahur di rumah Laksamana Tadashi Maeda. Beberapa jam sebelum proklamasi kemerdekaan, kondisi Soekarno dan Hatta dalam keadaan lelah. Mereka baru tiba di Jakarta sekitar pukul 23.00. Sebelumnya, mereka berada di Rengasdengklok, diculik sejumlah pemuda yang memaksa Soekarno dan Hatta untuk segera memproklamasikan kemerdekaan, sebelum 17 Agustus 1945.

Sesampainya di Jakarta, mereka langsung menuju rumah Laksamana Tadashi Maeda di Jalan Imam Bonjol No 1. Sebelumnya, Soekarno lebih dahulu menurunkan istrinya, Fatmawati, dan putranya, Guntur, di rumah Soekarno.

Sumber : ramadhan.republika.co.id & uici.ac.id

HOME