Keutamaan Malam Lailatul Qadr: Malam Yang Lebih Baik Dari Seribu Bulan

Dibuat oleh : Administrator
Selasa, 02 April 2024
22 Ramadhan 1445 H

Malam Lailatul Qadr merupakan salah satu malam paling istimewa dan penuh berkah dalam Islam. Malam ini terjadi pada bulan Ramadan, lebih tepatnya pada sepuluh hari terakhir bulan suci tersebut. Lailatul Qadr, yang sering diterjemahkan sebagai “Malam Ketetapan,” memiliki keutamaan yang sangat besar, sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an dan Hadis Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam.

Keistimewaan Malam Lailatul Qadr
1. Malam Turunnya Al-Qur’an
Salah satu keistimewaan utama Lailatul Qadr adalah malam ini merupakan waktu Allah Subhanahu wa Ta’ala menurunkan Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam. melalui Malaikat Jibril. Hal ini menjadikan malam tersebut sebagai momen yang sangat istimewa dalam sejarah Islam.

2. Malam yang Lebih Baik dari Seribu Bulan
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam Al-Qur’an (QS. Al-Qadr: 3), “Malam Lailatul Qadr itu lebih baik dari seribu bulan.” Ini berarti ibadah dan kebaikan yang dilakukan pada malam tersebut akan memiliki keutamaan dan pahala yang sangat besar, melebihi amalan yang dilakukan selama seribu bulan yang tidak terdapat Lailatul Qadr di dalamnya.

3. Diturunkannya Malaikat dan Ruh
Malam ini juga istimewa karena Allah mengutus para malaikat dan Ruh (yang dalam beberapa tafsir diidentifikasi sebagai Malaikat Jibril) ke bumi untuk membawa rahmat, barakah, dan kedamaian, sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam Al-Qur’an (QS. Al-Qadr: 4), “Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Ruh dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.”

4. Malam Pengampunan
Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam. bersabda, “Barang siapa yang berdiri (melakukan ibadah) di malam Lailatul Qadr dengan keimanan dan mengharap pahala dari Allah, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim). Ini menegaskan bahwa Lailatul Qadr juga merupakan malam pengampunan bagi umat Muslim yang beribadah dengan penuh keimanan dan ikhlas.

Bagaimana Menyambut Malam Lailatul Qadr?
Untuk meraih keutamaan malam Lailatul Qadr, umat Islam dianjurkan untuk meningkatkan ibadah dan doa pada sepuluh malam terakhir Ramadan, terutama pada malam-malam ganjil. Beberapa amalan yang bisa dilakukan antara lain:

  • Qiyamul Lail (Shalat Tarawih dan Shalat Tahajud): Melakukan shalat sunnah di malam hari sebagai bentuk pendekatan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala .
  • Membaca Al-Qur’an: Memperbanyak tilawah Al-Qur’an, merenungkan makna ayat-ayatnya, dan mengamalkan isi kandungannya.
  • Berdoa: Memohon ampunan, keselamatan, dan segala kebaikan dunia serta akhirat kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.
  • I’tikaf: Berdiam diri di masjid untuk beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah, terutama pada sepuluh hari terakhir Ramadan.

Malam Lailatul Qadr mengajarkan umat Islam tentang pentingnya kesabaran, keikhlasan, dan usaha maksimal dalam beribadah. Semoga dengan memahami dan mengamalkan nilai-nilai tersebut, kita dapat meraih keberkahan dan rahmat Allah Subhanahu wa Ta’ala , tidak hanya di bulan Ramadan tapi juga dalam seluruh aspek kehidupan.

HOME