Hadits Jum’at : Ancaman Bagi Yang Perkataannya Menyelisihi Perbuatannya

Dibuat oleh : Administrator
Jum’at, 26 Januari 2024

14 Rajab 1445 H

*ONE DAY ONE HADITS*

๐Ÿ’– *Ancaman Bagi Yang Perkataannya Menyelisihi Perbuatannya* ๐Ÿ’–
โ€ขโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ€ขโ๏ทฝโโ€ขโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ€ข

Dari Abu Zaid Usamah bin Haritsah radhiyallahu anhu, dia berkata, โ€œAku mendengar Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda,

ูˆูŽุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ุฒูŽูŠู’ุฏู ุฃูุณูŽุงู…ูŽุฉูŽ ุจู’ู†ู ุญูŽุงุฑุซูŽุฉูŽุŒ ุฑูŽุถููŠูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ูŒู…ูŽุงุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ุณูŽู…ูุนู’ุชู ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูŠูŽู‚ููˆู„ู: ูŠูุคู’ุชูŽู€ู‰ ุจูุงู„ุฑู‘ูŽุฌูู„ู ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ู’ู‚ููŠุงู…ูŽุฉู ููŽูŠูู„ู’ู‚ูŽู‰ ูููŠ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุฑูุŒ ููŽุชูŽู†ู’ุฏูŽู„ูู‚ู ุฃูŽู‚ู’ุชูŽุงุจู ุจูŽุทู’ู†ูู‡ูุŒ ููŽูŠูŽุฏููˆุฑู ุจูู‡ูŽุง ูƒูŽู…ูŽุง ูŠูŽุฏููˆุฑู ุงู„ู’ุญูู…ูŽุงุฑู ูููŠ ุงู„ุฑู‘ูŽุญูŽุงุŒ ููŽูŠูŽุฌู’ุชูŽู…ูุนู ุฅูู„ูŽูŠู’ู‡ู ุฃูŽู‡ู’ู„ู ุงู„ู†ู‘ูŽุงุฑ ููŽูŠูŽู‚ููˆู„ููˆู†ูŽ: ูŠูŽุง ููู„ุงูŽู†ู ู…ูŽุงู„ูŽูƒูŽุŸ ุฃูŽู„ูŽู…ู’ ุชูŽูƒู ุชูŽุฃู’ู…ูุฑู ุจูุงู„ู’ู…ูŽุนู’ุฑููˆูู ูˆูŽุชูŽู†ู’ู‡ูŽู‰ ุนูŽู†ู ุงู„ู’ู…ูู†ู’ูƒูŽุฑูุŸ ููŽูŠูŽู‚ููˆู„ู: ุจูŽู„ูŽู‰ุŒ ูƒูู†ู’ุชู ุขู…ูุฑู ุจูุงู„ู’ู…ูŽุนู’ุฑููˆูู ูˆูŽู„ุงูŽ ุขุชููŠู‡ูุŒ ูˆูŽุฃูŽู†ู’ู‡ูŽู‰ ุนูŽู†ู ุงู„ู’ู…ูู†ู’ูƒูŽุฑู ูˆูŽุขูŽุชููŠู‡ู ยป ู…ูุชู‘ูŽููŽู‚ูŒ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู.

_*โ€œDidatangkan seseorang pada hari Kiamat, kemudian ia dilemparkan ke dalam api neraka, maka terburailah isi perutnya dan ia berputar-putar dalam keadaan tersebut seperti seekor keledai yang berputar di penggilingan, maka berkumpullah padanya penduduk neraka, mereka berkata, โ€œYa Fulan, ada apa denganmu? Bukankah engkau dulu memerintahkan pada kebaikan dan melarang dari kemungkaran?โ€*_

_*Kemudian orang itu berkata, โ€œYa, dulu aku memerintahkan pada kebaikan, tetapi aku tidak melaksanakannya dan aku melarang dari kemungkaran, tetapi aku melakukannyaโ€.*_

(HR. Al-Bukhari, no. 3267 dan Muslim, no. 2989).

๐ŸŒบ *Faedah Hadits* : ๐ŸŒบ

๐Ÿ”ฐ *1*- Peringatan dan ancaman yang sangat keras terhadap orang yang memerintahkan kebaikan dan melarang dari kemungkaran namun ucapannya itu bertentangan dengan perbuatannya.

๐Ÿ”ฐ *2*- Para ahli ilmu menjelaskan bahwa apabila ada yang mengajak orang lain dalam kebaikan, namun ia sendiri tidak mengerjakannya atau melarang orang lain dari keburukan, namun ia sendiri tidak meninggalkannya, itu menunjukkan bahwa ia tidak memiliki akal dan tanda dirinya itu bodoh. Terkhusus jika ia tahu akan kebaikan dan keburukan tersebut, lalu sudah ditegakkan hujjah (argumen) atas dirinya. Karena itu dalam hadis ini diserupakan dengan keledai sebagai bentuk penghinaan.

๐Ÿ”ฐ *3*- Siksaan yang amat pedih untuk pelaku kemaksiatan jenis ini dan perbuatan ini menunjukkan dosa besar.

๐Ÿ”ฐ *4*- Kewajiban bagi setiap orang untuk memulai dari dirinya dan menyuruh dirinya untuk berbuat kebaikan dan melarangnya dari berbuat kemungkaran. Karena manusia yang paling besar haknya sesudah Rasulullah shรฅllallรฅhu โ€˜alaihi wa sallam dalam menjalankan syariat agama adalah dimulai dari diri sendiri.

๐Ÿ”ฐ *5*- Barangsiapa yang keadaannya seperti ini, maka ia bukanlah orang yang jujur (benar) dalam amar makruf nahi mungkar, karena kalaulah ia orang yang jujur dan benar dalam amar makruf, dan menyakini apa yang ia perintahkan adalah kebaikan, tentulah ia orang yang pertama kali mengamalkannya jika ia orang yang berakal.

๐Ÿ”ฐ *6*- Manusia pada hari kiamat, ada yang saling mengenal antara satu dengan lainnya, bahkan aib-aibnya yang selama ini disembunyikan di dunia, terbongkar kelak di hadapan makhluk.

Sumber : bimbinganislam.com
——————————————————

๐Ÿ“ŒYuk berikan sedekah terbaik dihari jum’at yang mulia ini:

Untuk berdonasi klik ๐Ÿ‘‡๐Ÿป
*pundisurga.org*

๐Ÿ”– Info dan Konfirmasi:
*0878-3972-6984* (Admin)

 

 

 

HOME